Falsafah Hidup


Kata-kata yang patut diucapkan oleh seseorang adalah : Kata-kata yang diucapkan pada saat yang tepat, yang mengandung kebenaran, diucapkan dengan lembut, mempunyai tujuan yang baik, diucapkan penuh cinta kasih, inilah kata-kata yang sudah sepatutnya diucapkan, tidak menyakiti, tidak mencela dan tidak mengutuk !

****

Seseorang yang ingin menegur kesalahan orang lain, seharusnya bertanya dulu pada dirinya sendiri, apakah ia telah melaksanakan perbuatan dan ucapan benar ? Apakah ia telah memiliki perbuatan dan ucapan benar ? Apakah hal ini telah terwujud dalam dirinya ? Jika belum, orang-orang pasti akan berkata, Mulailah sekarang, laksanakan perbuatan dan ucapan benar.

****

Oleh 3 hal seseorang yang bijaksana dapat dikenali,
1. ia melihat kesalahannya sendiri apa adanya,
2. ketika dia melihat kesalahan itu apa adanya, ia akan memperbaiki kesalahan tersebut,
3. ketika ada orang lain yang mengakui kesalahan, selayaknya ia memaafkan kesalahan orang itu.

****

Jika seseorang hidup dengan lurus dan benar, meskipun ia mencari nafkah dengan susah payah, merawat kehidupan keluarganya dengan sederhana, dan ia masih tetap menyisihkan sebagian hartanya, yang sangat terbatas itu untuk ia danakan, maka, kemurahan hatinya sungguh jauh lebih besar, daripada seribu pengorbanan yang lain.

****

Memberi makanan, seseorang memberikan kekuatan, memberi pakaian, seseorang memberikan keindahan, memberi penerangan, seseorang memberikan penglihatan, memberi angkutan, seseorang memberikan kesenangan, memberi tempat tinggal, seseorang memberikan semuanya.

****

Berdana akan membawa hasil, apabila kita merasakan tiga jenis perasaan murni :
Merasa gembira, sebelum pemberian itu diberikan, memberi dengan penuh rasa hormat, merasakan kesenangan setelahnya. Itulah pemberiaan yang sempurna.

****

Yang memberikan hal-hal yang baik, akan memperoleh yang baik, yang memberikan hal-hal yang terbaik, akan memperoleh yang terbaik, yang memberikan hal-hal yang terpilih, akan memperoleh yang terpilih, yang memberikan hal-hal yang utama, maka, keutamaan akan dimenangkannya.

****

Persahabatan adalah tanaman yang tumbuh dengan perlahan, serta harus mengalami dan menahan berbagai goncangan kesengsaraan sebelum layak disebut persahabatan.

****

Sahabat sejati adalah seorang yang mengetahui semua kesalahanmu, tetapi tetap mencintaimu.

****

Ada 2 hal yang anda harus lupakan : – kebaikan yang anda lakukan kepada orang lain dan kesalahan orang lain kepada anda.

****

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s