Tips Memilih Smartphone Android Terbaik Berkualitas


Siapapun pasti menginginkan Smartphone Android yang berkualitas. Saat ini sangat banyak smartphone Android bertebaran di pasaran dengan berbagai merek baik yang sudah lama terkenal maupun merek baru yang tengah mencari pasar setianya. Pilihan menggunakan Smartphone berbasis Android karena sistem tersebut cukup friendly terhadap pengguna, juga menyediakan berbagai fitur terbaru dengan ribuan aplikasi android gratis yang bisa sewaktu-waktu Anda unduh dan instal. OS android yang terus berkembang memungkinkan untuk lebih meningkatkan kinerja permesinan sehingga ponsel Anda cukup nyaman digunakan.

smartphone01Menurut saya ada beberapa kriteria sebelum membeli sebuah smartphone, merek bukanlah pertimbangan yang utama karena percuma saja jika merek smartphone android tersebut sudah terkenal namun jika dibandingkan dengan merek lain yang memiliki harga yang relatif sama cenderung memiliki spesifikasi yang lebih rendah. Bisa saja ponsel bermerek dengan harga cukup murah tapi memiliki kemampuan yang terbatas dan kinerja ponsel terasa lebih lamban, atau merek yang tidak begitu terkenal namun memiliki spesifikasi yang cukup baik sehingga kinerja ponsel cukup bisa diandalkan. Nah, kali ini kami akan berikan beberapa tips cara memilih smartphone Android yang berkualitas, Tips ini bisa Anda terapkan sebelum memilih sebuah Smartphone. Berikut tipsnya.

1. Tentukan Budget Anda
Saat ini banyak smartphone dari berbagai merek bersaing di pasaran dengan menyasar berbagai kelas baik kelas bawah, menengah atau kelas atas. Nah tentukan keuangan Anda apakah akan membeli ponsel kelas bawah, menengah atau kelas atas.

2. Tentukan Merek
Mulai menentukan merek, Jangan memaksakan ingin ponsel bermerek dengan harga murah juga spesifikasi yang tangguh? karena hal itu hampir sulit ditemukan, rata-rata vendor memberikan spesifikasi sesuai dengan harga HP itu sendiri, dan ada beberapa vendor justru dikenal pelit akan spesifikasi namun harganya masih tetap tinggi seperti Samsung, Oppo atau HTC. Nah, Anda menentukan merek sesuai dengan keuangan Anda, caranya tinggal lihat diĀ beberapa situs atau web Smartphone. Cari sesuai kategory harga HP, misal budget Anda Rp.1.5 juta, maka Anda tinggal mencari sesuai kategori harga. setelah itu kumpulkan daftar ponsel-ponsel dengan harga tersebut.

3. Seleksi sesuai spesifikasi tertinggi
Tips memilih Smartphone Android tangguh berkualitas berikutnya adalah menyeleksi Ponsel sesuai spesifikasi tertinggi, DengaN budget Rp.1.5 jutaan Anda pastinya sudah menemukan beberapa daftar merek ponsel, nah Anda tinggal menyeleksinya sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Apa saja yang harus diseleksi? Berikut daftarnya:

a. SIM Card dan Network

Ponsel saat ini rata-rata menggunakan dual SIM GSM, nah ini tergantung keinginan Anda apakah akan memilih smartphone yang menggunakan Dual SIM GSM atau single SIM GSM. Atau justru Anda memilih SIM Card dengan jaringan CDMA. semua tergantung Anda, yang pasti dual SIM lebih baik karena Anda gak perlu ganti sim card jika memiliki lebih dari satu Sim Card.
Yang gak kalah pentingnya juga network atau jaringan, apakah ponsel tersebut mendukung jaringan 4G, 3G dan 2G atau belum, hal ini menentukan kecepatan akses internet yang berperan pada kenyamanan aktivitas browsing dan Chatting.

b. Ukuran dan Kualitas layar
Ukuran layar disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan pengguna. Namun menurut saya layar yang nyaman digunakan memiliki rentang ukuran antara 4.5 inci hingga 5.5 inci. Sementara kualitas layar ditentukan oleh resolusi layar apakah sudah jernih dan tajam atau belum, hal ini bisa ditunjukkan dengan resolusi minimal HD atau setara dengan 720×1280 pixels, dan kerapatan yang semakin besar semakin bai, minimal 290ppi. sementara jenis layar sudah menggunakan minimal teknologi IPS-LCD.

c. Kemampuan Tangguh
Yang Paling penting dalam memilih Smartphone Android berkualitas adalah kemampuan ponsel yang tangguh sehingga Anda bisa leluasa menggunakan ponsel android tersebut baik untuk aktivitas biasa ataupun aktivitas lebih seperti bermain game dan memutar video. Hal ini bisa dilihat dari spesifikasi permesinan, minimal Anda memilih smartphone android dengan prosessor bertenaga Quad-core, sementara kapasitas RAM minimal adalah 1GB dan lebih besar lebih baik sehingga ponsel tersebut terhindar dari lemot/lamban.

d. Sistem Operasi Android Terbaru
Untuk tahun 2015 ini, OS Android yang paling baru adalah versi 5.0 Lollipop, Namun versi 4.4 Kitkat juga bisa dikatakan baru karena perbedaannya hanya sedikit. OS ini turut membantu dalam meningkatkan kinerja ponsel, juga menyediakan beragam fitur terbaru serta mendukung lebih banyak aplikasi android.

e. Kamera
Kamera ponsel Rp.1.5 jutaan biasanya ditahun 2015 ini diberikan 8 mega pixels dibagian belakang dan 5 mega pixels dibagian depan. kamera tersebut sudah cukup baik dalam menghasilkan gambar berkualitas.

f. Memory Penyimpanan
Penting Ponsel android yang baik memiliki memory internal yang cukup besar, untuk Smartphoen Android harga Rp.1.5 jutaan biasanya diberikan minimal 8GB internal. Kapasitas tersebut cukup mampu menampung banyak file dan aplikasi.

g. Kapasitas Baterai
Anda pasti sering mengalami ponsel cepat kehabisan baterai saat digunakan untuk internetan atau bermain game? Permasalahannya adalah kapasitas baterai yang minim. hampir setiap orang mengabaikan baterai saat membeli sebuah smartphone, kapasitas baterai 1500 mAh masih sangat kurang dari harapan untuk menjaga ponsel tetap hidup, nah, kapasitas minimal 2000 mAh sudah cukup mampu mempertahankan ponsel tetap hidup lebih lama.

Demikian beberapa Tips Cara memilih Smartphone Android yang baik dan berkualitas. Tips tersebut bisa Anda manfaatkan sebelum membeli Smartphone Android. Nah, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s