Cara Menggunakan WhatsApp Lebih Nyaman


Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang banyak sekali diminati oleh masyarakat Indonesia. Karena pemakaian data aplikasi ini cukup kecil/rendah dibanding dengan aplikasi-aplikasi chat lainnya, maka tidak heran jika aplikasi ini memiliki pengguna yang cukup banyak.

Agar Anda dapat menggunakan aplikasi whatsapp dengan nyaman, maka ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan. Berikut ini adalah tips dalam menggunakan whatsapp lebih nyaman.

whatsapp_oke

Menyembunyikan “Last Seen”, Foto Profil dan Status

Last seen merupakan informasi mengenai kapan terakhir Anda menggunakan atau membuka aplikasi WhatsApp. Bagi Anda yang tidak menginginkan informasi last seen tersebut diketahui orang-orang tertentu maka Anda bisa melakukannya dengan cara klik option > Setting > Account > Privacy kemudian akan muncul pilihan everyone, my contact, dan nobody. Jika Anda ingin membiarkan siapapun dapat melihat last seen Anda maka Anda bisa memilih everyone. Jika Anda hanya ingin orang-orang yang ada pada contact Anda saja yang bisa melihat last seen Anda, maka Anda bisa memilih my contact. Jika Anda tidak ingin siapapun dapat melihat last seen Anda, maka Anda bisa memilih nobody.

Menyembunyikan Foto Profil

Settingan tentang foto profil agar dapat dilihat orang ataupun agar tidak dapat dilihat orang maka Anda bisa melakukannya dengan cara klik option > Setting > Account > Privacy kemudian akan muncul pilihan everyone, my contact, dan nobody. Jika Anda ingin membiarkan siapapun dapat melihat foto profil Anda maka Anda bisa memilih everyone. Jika Anda hanya ingin orang-orang yang ada di contact Anda saja yang bisa melihat foto profil Anda maka Anda bisa memilih my contact. Jika Anda tidak ingin siapapun dapat melihat foto profil Anda, maka Anda bisa memilih nobody.

Mengirimkan Pesan “Pribadi” Secara Sekaligus

Jika Anda ingin mengirim pesan ke grup atau ke banyak orang tapi tidak ingin seseorang di grup tersebut tahu siapa saja yang menerima pesan dan merespon pesan dari Anda, maka Anda bisa menggunakan fitur Broadcast. Pilih menu yang berbentuk tiga titik di pojok kanan atas  > New Broadcast > pilih nama yang akan dikirim pesan secara pribadi > klik create > tulis pesan Anda > klik send maka pesan Anda akan terkirim.

Menyembunyikan Status

Settingan tentang status agar bisa dilihat orang ataupun tidak dapat dilihat orang bisa Anda pilih dengan cara klik option > Setting > Account > Privacy kemudian akan muncul pilihan everyone, my contact, dan nobody. Jika Anda ingin membiarkan siapapun dapat melihat Status Anda, maka Anda bisa memilih everyone. Jika Anda hanya ingin orang-orang yang ada di contact Anda saja yang bisa melihat Status Anda maka Anda bisa memilih my contact. Jika Anda tidak ingin siapapun dapat melihat Status Anda, maka Anda bisa memilih nobody.

Mematikan Notifikasi “Chat” / Obrolan Grup yang Mengganggu

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi chat yang banyak digunakan. Anda bisa membuat grup chat di aplikasi ini. Misalnya grup sekolah, grup kantor, grup keluarga atau grup-grup lainnya. Chat-chat yang masuk grup hanya bisa diketahui oleh member dari grup chat tersebut, cukup menyenangkan bukan? Akan tetapi, kadang notifikasi dari chat yang masuk tersebut dapat menggangu, apalagi jika kita sedang sibuk belajar atau bekerja. Oleh karena itu, sebaiknya Anda matikan notifikasi chat untuk beberapa saat dengan cara klik menu chats > buka grup yang ingin Anda matikan notifikasinya > klik option > klik mute untuk mematikan notifikasi grup tersebut.

Membuat Shortcut Obrolan Favorit di Homescreen

Anda bisa membuat shortcut obrolan favorit dengan teman Anda di homescreen ponsel Anda. Hal tersebut akan mempermudah Anda melihat serta menjawab obrolan tersebut. Caranya yairu dengan membuka menu chat > klik dan tahan obrolan yang ingin Anda buat shortcutnya > lalu klik add conversation shortcut.

Mengembalikan Pesan yang Sudah Dihapus

Pesan pada aplikasi whatsapp pada dasarnya akan dibackup pada waktu tertentu. Apabila pesan Anda dihapus sebelum waktu backup maka Anda masih dapat mengembalikan pesan yang terhapus tersebut. Uninstall WhatsApp dengan cara masuk ke Settings > Apps > WhatsApp > Uninstall. Install kembali WhatsApp Anda dengan memasukan nomor ponsel (biasanya Anda akan mendapat pemberitahuan tentang backup pesan obrolan WhatsApp sebelumnya) > Klik restore untuk mengembalikan pesan yang terhapus tersebut.

Mengetahui status pesan Anda

Anda bisa mengetahui status pesan Anda dengan melihat fitur notifikasi yang disediakan oleh aplikasi whatsapp. Tanda dua centang biru menandakan bahwa pesan Anda sudah terkirim dan sudah dibaca. Tanda dua centang abu menandakan bahwa pesan Anda sudah terkirim tapi belum dibaca. Cara lain untuk mengetahui status pesan yang Anda kirim adalah dengan menekan pesan yang Anda maksud, lalu pilih info.

Menghindari centang biru

Pesan yang sudah Anda baca akan ditandai dengan centang biru. Namun apabila Anda ingin I pengirim tidak mengetahui bahwa pesannya sudah Anda baca maka Anda bisa menggunakan trik berikut. Saat Anda menerima pesan, jangan buka dulu pesan tersebut lalu matikan koneksi internet Anda. Setelah itu buka kembali WhatsApp dan baca pesannnya lalu ktifkan kembali koneksi internet Anda. Tanda centang tadi masih tetap berwarna abu.

Mengunci akses ke WhatsApp

Anda bisa mengunci akses ke whatsapp dengan menggunakan aplikasi seperti Messenger, Chat Block, dan Smart Lock.

Memindahkan history percakapan antar perangkat

History chat lama pada WhatsApp dpat dikembalikan di perangkat baru dengan mengakses menu pada WhatsApp. Pilih Settings > Chat Settings > Backup Conversations.

Nah itulah dalam menggunakan whatsapp lebih nyaman. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s