Bikin Video Clip dengan Wajah Sendiri


Mungkin Anda pernah mendapat kiriman video orang menari (dancing) dengan wajah Anda atau wajah teman Anda sendiri? Pasti Anda akan terkejut dan tiba-tiba saja Anda tertawa terbahak-bahak melihat video clip tersebut. Karena Anda menyaksikan gerakan gemulai Anda berdisko, bahkan tidak saja bernuansa musik seperti ber-gangnam style, beberapa clip bisa pula dibuat dengan setting action seperti saling tinju, silat, kungfu dan lain-lain. Menarik sekali bukan?

Beberapa produsen aplikasi berbasis game dan animasi telah membuat terobosan baru dalam dunia hiburan; yang saya sebut sebagai dunia hiburan dalam genggam (entertainment in your hand). Yakni sebuah aplikasi hiburan dengan flatform android untuk membuat aneka animasi dari foto diri kita sendiri.

Ada dua aplikasi yang sudah saya coba. Yang pertama adalah jibjab. Aplikasi ini dapat dioperasikan di PC Anda (dan dapat pula Anda download ke smartphone). Ada berbagai koleksi clip yang dapat Anda gunakan, seperti tarian, gangnam-style, atau nuansa musik lainnya. Kualitas gambarnya pun cukup menarik dan bagus. Sayangnya, hasil kerja pada aplikasi ini belum dapat kita download karena berbasis aplikasi berbayar. Tapi Anda tidak usah kecewa, karena JibJab memberi akses link yang bisa Anda kirimkan kepada rekan-rekan Anda melalui email atau Anda share di facebook.

Face-Body-Dancing

Aplikasi kedua yang tidak kalah menarik adalah FaceJJang. Aplikasi ini dikelola dalam basis android, sehingga hanya bisa Anda download di smartphone Anda. FaceJJang memberi fitur lebih menarik dari JibJab. Cara mendesign wajah dan template clip lebih banyak dan lucu-lucu.

Dari kedua aplikasi diatas, maka saya merekomendasikan Anda mencoba FaceJJang. Cara membuatnya tidaklah sulit. Pertama, tentunya Anda harus membuka aplikasinya. Pada aplikasi FaceJJang Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu. Kedua, ya Anda harus memilih template clip yang sesuai dengan keinginan Anda. Ketiga, carilah foto wajah yang cocok dengan face-blank pada template yang Anda pilih. Keempat, Anda upload wajah yang Anda sukai ke dalam aplikasi. Kelima, pilih kata-kata (text) untuk video clip Anda. Selesai!.

Kawan, tidak terlalu detail saya menguraikan bagaimana proses pembuatan video clip wajah Anda sendiri disini. Karena menurut saya memang sangat mudah sekali. Namun perlu Anda maklumi bahwa durasi video memang terbatas. Ini sangat berguna dalam proses rendering pada aplikasi, sehingga tidak memberatkan memory perangkat Anda.

 

Aplikasi Face-Off lainnya yang bisa Anda coba adalah:

Framy – Connecting Moments

Face Swap

뽀로로짱/Pororo

iFunFace – Create Funny Videos

Contoh Proyek: JibJab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s