Perubahan Raport SD dan Aplikasinya


Dalam Kurikulum 2013, nilai rapor siswa tidak seperti pada kurikulum sebelumnya, nantinya akan lebih informatif dan deskriptif, serta memuat informasi penilaian pada aspek pengetahuan, keterampilan, serta sikap siswa. Format raport itu akan berubah total, yang pertama perubahannya  berisi sikap, keterampilan, dan pengetahuan, yang selama ini dominan pada pengetahuan.

Oleh karena itu sistem penilaian harus berubah. Selama ini dalam penilaian dengan tes, sekarang harus menggunakan non tes, portofolio, keterampilan dan harus diamati. Yang kedua, raport pada jenjang sekolah dasar (SD) nantinya tidak berisi angka, namun deskripsi. Pada sekolah dasar tidak boleh angka-angka, yang ada deskripsi, kalimat-kalimat, anak ini kemampuannya apa, kalau tidak mampu mengapa. Apa yang harus diperbaiki pada seorang siswa juga harus ditulis.

Contoh Raport
model raport sd

Para guru mau tidak mau harus mampu mengoperasikan komputer paling tidak microsoft office, word dan excel karena kalau dikerjakan secara manual dapat merepotkan sendiri. Yang lebih mudah lagi dalam pengisian raport dapat menggunakan aplikasi raport dan contoh aplikasi dapat Anda download  link  di bawah ini!

RAPOT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s