Download Software Gratis dengan Aman


Anda butuh berhati-hati dalam memilih software gratis untuk Anda download dan instal di perangkat Anda. Kita harus pahami bahwa tidak semua software gratis di internet aman untuk perangkat kita. Terbukti banyak orang curang dengan memasukkan kode script tertentu ke dalam software yang mereka sebar gratis di internet, untuk tujuan keuntungan pribadi dan merugikan orang lain.

Tips download software gratis dengan aman seperti berikut ini.

  • Cari informasi rinci tentang software yang Anda butuhkan, kapan software itu dibuat, sudah berapa kali didownload, coba deteksi dari negara mana download paling banyak, adakah website resmi pembuatnya, berapa ukuran file, dll
  • Cari review dari para pengguna software tersebut, bagaimana menurut mereka kualitas software tersebut
  • Cari informasi siapa developer software tersebut, apakah developer software tersebut sudah memiliki reputasi atau belum, apakah dia juga membuat software lain atau hanya software yang sedang  Anda cari saja
  • Jangan lupa, perangkat Anda harus sudah memiliki antivirus, sangat disarankan Anda mengaktifkan fitur Real Time Protection yang banyak tersedia pada antivirus, yang gratis sekalipun. Jika bisa, pastikan di perangkat Anda terinstal 1 buah antivirus dan 1 buah malware detector atau malware cleaner yang terbukti aman. Kami rekomendasikan Anda mengunjungi laman CNET atau Softonic, di sana berbagai software gratis direview dengan rating dan rekomendasi dari kedua laman populer dan terbukti kredibilitasnya ini.
  • Perhatikan proses instalasi software tersebut, jika terdapat Unknown File Type yang harus anda klik OK, maka Anda sebaiknya mengecek ekstensi file tersebut terlebih dahulu. Jika terdapat proses instalasi mencurigakan, sebaiknya dihentikan dan terlebih dahulu Anda mengeceknya lagi di internet. Sebagai referensi, baca artikel kami “Cara Mudah Mengenali Unknown File Types agar Laptop Aman”
  • Kontak developernya. Jika Anda mengalami kesulitan atau mendapati keanehan pada kinerja software, sebaiknya Anda menanyakan ke developer nya, siapa tahu terdapat bugs pada software tersebut sehingga itu harus diupdate. Oleh karena itu, software gratis yang diterbitkan oleh developer yang memiliki website resmi adalah lebih direkomendasikan daripada software gratis yang hanya dibagikan bebas tanpa kejelasan siapa dan bagaimana info tentang developer nya.

Mau mencoba software gratis Klik di Sini!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s