Mengenal Istilah Crack, Patch dan Keygen


Bagi yang masih awam, istilah crack, patch dan keygen mungkin masih asing terdengar.

Tidak ada salahnya kita perlu tahu, mari kita bahas satu persatu!

Crack adalah suatu aktifitas pembobolan suatu software berbayar (cracking) agar dalam proses pendaftarannya dapat kita lakukan tanpa harus membeli maupun membayar lisensi resmi dari si pembuat software tersebut. Hal ini bermaksud  bahwa kita dapat memperoleh beberapa persyaratan agar software yang berbayar tersebut agar dapat bekerja secara penuh. Biasanya juga harus mendaftarkan atau paling tidak memasukkan nomor registrasi unik pada software tersebut.

Software berbayar kebanyakan memberikan masa uji coba kepada konsumen yang biasanya disebut juga dengan istilah Trial. Nah dengan fasilitas trial inilah maka konsumen yang ingin mencoba software tertentu bisa dengan mudahnya mempelajari fungsi dan kegunaan dari software tersebut. Jika menyukai dan sesuai dengan yang kita butuhkan maka kita diwajibkan untuk membeli nomor registrasi kepada sang pembuat software tersebut dengan nominal sesuai tarif yang mereka tawarkan untuk dapat mempergunakannya seumur hidup atau pun gratis update software. Jika tidak maka penggunaan masa trial software tersebut akan dibatasi dalam waktu tertentu. Biasanya sang pembuat software memberikan masa trial kepada konsumen antara jangka waktu 1 minggu, 2 minggu atau paling lama sampai satu bulan pemakaian. Setelah masa aktif trial tersebut habis maka software tersebut akan terblockir secara otomatis dan bersifat permanen sampai Anda melakukan proses registrasi (Kecuali install ulang atau ganti windows).

Crack sendiri mempunyai beberapa jenis. Dari yang selama ini sudah saya coba sendiri. Beberapa jenis crack tersebut bisa berupa: keygen, serial number dan patch. Semua dari jenis crack ini mempunyai beberapa ciri berbeda namun memiliki fungsi yang sama yaitu untuk memberikan fasilitas proses registrasi secara ilegal. Ada pun ciri dan keterangan dari masing – masing jenis tersebut adalah seperti di bawah:

  • Keygen adalah suatu program kecil yang mampu memberikan hasil alogaritma tertentu sesuai dengan versi dan jenis software. Keygen ini mempunyai hitungan tersendiri dan terkadang kita harus memberikan nomor versi software untuk menggunakannya. Hal ini biasa disebut generate dan kode yang kita generate akan menjadi angka unik sesuai dengan angka pertama yang kita generate. Namun seperti halnya program komputer pada umumnya. Keygen ini pun dapat terjangkit virus. Jadi sewaktu kita menggunakannya, virus tersebut juga akan menginfeksi komputer si pemakai. Jadi ada baiknya di scan dulu sebelum menggunakannya.
  • Serial Number adalah suatu kode unik yang biasanya diberikan sewaktu kita mendaftar untuk software yang kita gunakan. Kalau dalam crack sendiri, kebanyakan Serial Number di taruh di dalam notepad, wordpad atau di file penyimpanan data lainnya. Menurutku jenis serial number ini adalah yang paling aman. Karena hanya berisi nomor serial saja. Kode serial number ada juga yang menyertakan nama user si pemakai dan sekaligus nomor serialnya.
  • Patch. Untuk jenis ini kita akan dihadapkan pada suatu program berukuran kecil (Biasanya). Di mana program kecil tersebut mempunyai fungsi sama dengan yang lain yaitu mampu membuat software yang tadinya trial bisa digunakan secara full. Jika biasanya fungsi patch adalah untuk memperbaiki software atau program akan adanya bug mau pun celah keamanan yang dapat di tembus. Untuk patch yang ini berbeda. Patch yang disertakan dalam crack biasanya mengambil alih fungsi trial dengan langsung menuju ke inti software secara full. Secara kasarnya patch ini bisa membawa kita langsung ke versi software yang sudah bisa digunakan secara penuh seperti sudah diregistrasi. Namun hati – hati juga dengan software ini. Karena bisa jadi patch ini juga bisa membawa virus berupa Trojan mau pun virus lainnya.

Namun perlu digaris bawahi bahwa crack termasuk dalam kategori ilegal (tidak sah atau membajak). Jadi sedapat mungkin kalau tidak terdesak jangan sampai mencari crack di internet. Ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi. Jadi lebih baik beli yang legal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s