Tips Merawat Flashdisk


Pernahkan flashdisk Anda bermasalah atau tidak dapat terbaca oleh komputer atau laptop? Ini bisa jadi ada kesalahan dalam penggunaan. Flashdisk  sudah menjdi kebutuhan banyak orang bahkan seorang sopir angkot pun sering membawa flashdisk untuk keperluan menyimpan lagu yang selalu diputar di mobilnya. Flashdisk mempunyai bentuk yang kecil namun mampu menyimpan data yang besar hingga mencapai 32 GB bahkan lebih. Namun terkadang karena bentuknya yang kecil ini membuat flashdisk menjadi riskan dan mudah rusak, dan hilang. Untuk itu diperlukan cara dan perlakuan yang khusus untuk flashdisk agar awet dan tahan lama. Berikut ini ada beberapa tips untuk merawat flashdisk Anda agar flashdisk menjadi awet dan tahan lama sehingga Anda tidak perlu sering-sering mengganti flashdisk Anda dengan yang baru.cara merawat flashdisk

 flashdisk

Untuk merawat dan menjaga flashdisk, kita perlu melakukan beberapa langkah berikut ini:

Simpanlah flashdisk di tempat yang aman, mudah dijangkau, dan juga kering. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari flashdisk Anda dan flashdisk Anda juga terawat. Jangan menyimpan flashdisk di dekat medan magnet karena akan memicu kerusakan pada flashdisk yaitu di penyimpanannya.

Jagalah selalu tutup flashdisk Anda karena tutup flashdisk akan melindungi flashdisk dari karat, dan juga kotoran yang akan mengganggu kebersihan flashdisk.

Gunakan gantungan tali untuk flahdisk agar Anda mudah memegangnya. Ini diperlukan karena flashdisk yang bentuknya kecil sering jatuh sehingga akan memicu kerusakan flashdisk. Tips merawat flashdisk

Jangan terlalu sering memformat flashdisk Anda. Ini akan menyebabkan flashdsik Anda menjadi berkurang kapasitas penyimpanan dan juga akan menyebabkan flashdisk Anda cepat rusak.

Jika ingin mengedit atau membuka file, usahakan bukalah lewat harddisk. Jika kita terlalu sering mengedit file menggunakan flashdisk, maka flashdisk Anda akan cepat panas dan akan terjadi proses yang terus menerus pada flashdisk dan akan menyebabkan flashdisk Anda cepat rusak.

Saat akan mencabut flashdisk, pastikan Anda sudah terlebih dahulu meng-eject flashdisk tersebut. Jika kita sering mencabut flashdisk sebelum mengeject flashdisk tersebut dari computer, maka kemungkinan file yang ada di dalam flashdisk akan menjadi rusak dan akan mempercepat flashdisk Anda menjadi error. Tips merawat flashdisk

merawat-flashdisk

Scan flashdisk secara berkala untuk menghindari flashdisk terjangkit virus yang tidak diinginkan. Virus bisa merusak flashdisk kita karena akan memasuki system dan bisa berbuat apa saja.

Mungkin itulah beberapa tips untuk merawat dan menjaga flashdisk Anda dari kerusakan atau error. Jika kita selalu merawat flashdisk, maka flashdisk kita akan menjadi awet dan tidak mudah rusak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s