Tips Menjaga Keawetan Laptop


Banyak pengguna laptop yang tidak tahu bagaimana menjaga agar barang kesayangannya awet atau tidak cepat rusak. Kerusakan pada laptop dapat mengganggu produktivitas penggunanya, kerjaan berantakan, data-data penting hilang dsb. Anehnya, hasil survey salah satu perusahaan laptop terkemuka di korea menyatakan bahwa 68% kerusakan laptop disebabkan oleh kesalahan penggunaan dan perawatan. Oleh karena itu berikut  kami posting Tips  Menjaga Keawetan Laptop, yang dapat menghindari kerusakan dini pada laptop Anda:

laptop_oke

  • Hindari download freeware yang belum jelas keamanannya

Banyak memang freeware yang tersebar luas di internet. Banyak yang bermanfaat, namun tidak sedikit pula yang dapat menyebabkan masalah serius pada laptop kita. Scan dahulu program-program gratis yang Anda download sebelum menginstalnya karena virus, worm dan threat- threat lainnya sering menggunakan freeware sebagai media penyebarannya.

  • Jangan memangku laptop Anda saat menggunakannya

Hindari memangku laptop saat menggunakannya karena lubang vetilasi laptop bisa tertutup dan menyebabkan overheat pada laptop. Akibatnya umur laptop menjadi berkurang secara signifikan.

  • Selalu jaga kebersihan laptop

Sekecil apapun debu yang masuk pada laptop dapat menyebabkan kerusakan yang serius. Debu dapat menyebabkan korosi pada bagian metal conector laptop dan berpotensi menyebabkan hubungan pendek pada laptop.

  • Jangan memakai laptop di atas permukaan yang lunak

Karpet, sofa dan tempat tidur adalah tempat favorit yang sering kita gunakan sebagai alas saat ber-laptop ria. Namun tahukah Anda jika laptop bisa lebih cepat panas jika dipakai di tempat yang empuk? Hal itu karena ventilasi laptop akan tersumbat sehingga udara panas dari dalam laptop tidak bisa ditransfer keluar. Jika Anda akan menggunakan laptop di tempat-tempat lunak tersebut, pastikan Anda memberikan alas yang keras dibawah laptop agar ventilasi laptop tidak tertutup.

  • Gunakan stabilizer

Jika Anda sedang memakai laptop tanpa baterai, maka gunakan stabilizer agar laptop tidak rusak akibat perubahan tegangan listrik secara tiba-tiba.

  • Istrirahatkan laptop untuk beberapa menit

Jika tugas atau kerjaan sedang menumpuk, seringkali laptop harus ikut bekerja keras sepanjang malam. Istirahatkan laptop Anda 15-20 menit setiap beberapa jam sebelum dipakai lagi supaya kondisi laptop tetap optimal.

  • Jangan membawa laptop dengan sembarangan

Hati-hati jika Anda membawa laptop. Usahakan jangan sampai ada bagian yang tergores atau bahkan terjatuh saat Anda bawa.

  • Jangan minum, meletakkan minuman atau bahan-bahan cair lain di sebelah laptop

Minum atau meletakkan bahan-bahan cair di sebelah laptop bisa menjadi hal yang cukup riskan. Dikhawatirkan cairan tersebut tanpa sengaja tertumpah di laptop dan membuat laptop Anda crash bahkan mati total.

  • Jangan meletakkan apapun di antara keyboard dan layar laptop

Pastikan bahwa Anda tidak meletakkan apapun di atas keyboard laptop karena jika Anda sampai terlupa dan menutup laptop, bisa-bisa hal itu akan membuat goresan serius pada layar screen laptop.

  • Jangan pernah mencoba membongkar sendiri laptop Anda

Terkecuali bila Anda yang sudah familiar dengan rangkaian hardware di laptop, kami menyarankan agar Anda tidak membongkar laptop Anda sendiri. Laptop merupakan barang elektronik yang cukup rawan. Satu kesalahan kecil saja yang Anda lakukan bisa berakibat fatal terhadap umur dan kondisi laptop. Jika suatu hal terjadi pada laptop Anda, tindakan yang paling bijak adalah dengan membawanya ke service center resmi laptop tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s