Memasang Anti Virus PC atau Laptop yang Benar


antivirus_lgAntivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan)

Banyak yang berpendapat bahwa menggunakan lebih dari satu Antivirus akan membuat PC atau laptop menurun performanya bahkan crash. Hal tersebut benar adanya karena Antivirus itu berbeda dengan aplikasi lainnya seperti browser, office, multimedia yang jika digunakan secara bersamaan tidak akan menimbulkan masalah.

Antivirus sendiri bertugas sebagai yang menjaga lalu lintas aliran data di PC atau laptop kamu. Sehingga setiap ada data, file maupun aplikasi yang diakses, didownload, dijalankan atau mungkin hanya sekedar melihat, maka Antivirus tersebut akan memeriksa terlebih dahulu data tersebut dan jika dalam proses pemeriksaan ditemukan ada hal yang mencurigakan hingga virus maka akan langsung melakukan karantina pada file tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, jika ada lebih dari satu Antivirus yang aktif di PC atau laptop Anda dan setiap melakukan proses tersebut sama-sama melakukan pemeriksaan serta akan berebut mengkarantina program yang mengandung virus maka sistem komputer akan crash. Berjalannya proses pemeriksaan yang banyak juga akan menghabiskan memori(RAM) dari PC tersebut dan menjadi tidak efisien.

Bahkan sering terjadi saat dimana antivirus akan menganggap antivirus lain sebagai virus. Memang beberapa antivirus juga memiliki kekurangan baik dalam database maupun pendefinisian virus tersebut. Saran kami adalah sebagai berikut:

1.Gunakan satu aplikasi antivirus dalam PC atau laptop yang terpercaya, jika ingin lebih aman maka gunakan antivirus yang memiliki Firewall sebagai fiturnya.

2.Jika terindikasi ada virus tetapi antivirus tidak merespon apapun, gunakan antivirus yang online untuk melakukan pemeriksaan secara online.

Dengan cara seperti itu maka tidak akan menguras RAM serta mengurangi kemungkinan crash pada PC atau laptop.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s