60 % Pengguna Facebook Mulai Bosan


Bolehlah Facebook menjadi ‘candu’ bagi kebanyakan orang beberapa tahun lalu, namun penelitian terbaru mengatakan bahwa banyak dari penggunanya mulai mengurangi aktivitas di jejaring sosial satu ini.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh US Pew Research Center mengungkapkan bahwa beberapa pengguna Facebook saat ini mulai mengurangi kegiatan mereka di dalam situs besutan Mark Zuckerberg tersebut. Memang tidak ada indikasi bahwa mereka akan keluar atau menutup accountnya, namun toleransi penggunaan mulai menurun yang awalnya beberapa jam menjadi beberapa jam lebih kecil setelahnya.

Penelitian yang menggunakan metode survei dan melibatkan 1006 orang dewasa ini berhasil ungkapkan bahwa sekitar 61% pengguna Facebook mengatakan bahwa mereka akan sedikit ‘istirahat’ dan tidak mengakses account mereka tersebut untuk beberapa waktu.

Slash Gear menjelaskan bahwa 21% dari pengguna Facebook mengatakan akan mengurangi waktu aktivitas di situs tersebut karena terlalu sibuk dengan pekerjaan lainnya. 10% mengatakan beraktivitas di Facebook tidak lagi menarik.

Ada beragam alasan kenapa mereka ingin beristirahat sejenak dan tidak mengakses account Facebook-nya untuk beberapa waktu. Beberapa di antaranya mengatakan bahwa mereka capek mengurusi komentar-komentar bodoh yang muncul di wall atau berandanya. Atau juga lelah untuk terus melihat statemen yang kekanak-kanakan dan cenderung berlebihan di News Feed.

Apabila pengguna Facebook di Amerika Serikat sana, sudah mulai bosan beraktivitas di jejaring sosial satu ini, bagaimana dengan pengguna Facebook di Indonesia?

Atau sumber lain menyebutkan , ada yang menarik dari data pengguna Facebook dunia yang dirilis oleh SocialBaker baru-baru ini. Indonesia memang masih menempati peringkat 4 pengguna facebook terbesar di dunia. Di atasnya masih ada Amerika, Brazil, dan India.

Jumlah penggunanya pun masih ‘yahud’ yaitu 42 juta lebih. Namun yang perlu dicermati adalah penurunan pertumbuhan pengguna dalam kurun waktu 6 bulan hingga 2 minggu terakhir ini.

Dalam 6 bulan, pertumbuhan pengguna facebook di Indonesia turun sebesar 997.960 atau sekitar 2,32 %.  Bahkan dalam 2 minggu terakhir, penurunannya mencapai 1.923.180 atau 4, 37%.

Kecenderungan penurunan pertumbuhan pengguna facebook juga terjadi di Amerika Serikat yang notabene adalah negara penguasa Facebook. Enam bulan terakhir, pertumbuhan facebook di Amerika turun 0,09%.

Total, ada 28 dari 213 negara yang mengalami penurunan penggunaan Facebook. Angka terbesar dicatat oleh negara Malta. Dalam kurun waktu 6 bulan, pertumbuhannya -47,88%. Angka yang fantastis bukan?

Akankah ini indikasi bahwa pengguna Facebook mulai mencapai batas optimum, atau memang karena layanan Facebook tak cukup lagi menarik perhatian?

Sumber:http://www.tryneble.com, http://www.tabloidpulsa.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s